ganifx/ জুন 7, 2017/ সমর্থন ও প্রতিরোধ/ 0 মন্তব্য

Advertisements

পূর্বের বিভাগে আমরা মৌলিক সম্পর্কে আলোচনা করেছি – মৌলিক সমর্থন এবং প্রতিরোধের, এটি সহজভাবে পর্যবসিত যেতে পারে যে প্রতিরোধের উপরে এবং সমর্থন অধীনে আছে. নাহ, বাজারে আমরা প্রায়ই পরিস্থিতিতে যেখানে মূল্য সমর্থন এবং প্রতিরোধের মাত্রা ভেঙ্গে সম্মুখীন. Dalam istilah umun harga yang berhasil menembus level support dan resistance dikenal dengan istilah Break Out. Kalau kita amati, sesaat setelah harga berhasil menembus ke atas atau ke bawah ini adalah level kritis artinya bisa menjadi true break out dan false break out atau berak out yang gagal.
Break out yang berhasil atau true break out artinya harga berhasil bertahan setelah menembus level support atau resitance, setelah itu melanjutkan tren kenaikan atau penurunan.
Sedangkan flase break out atau break out yang gagal adalah , sesaat setelah harga berhasil menembus level support dan resistance harga tidak mampu bertahan atau melanjutkan trend naik atau penurunan tetapi kembali masuk ke level sebelumnya.

Sesaat setelah terjadinya break out, biasanya harga akan menguji level tertinggi atau terendah yang tertembus tadi sebelum melanjutkan trend kenaikan atau penurunan, istilah ini sering disebut dengan retest atau pullback. Sebagai ilustrasi sederhana misalnya dalam sebuah trend turun , setelah harga berhasil break out terjadi pertukaran posisi suport dan resistance.
Area yang semula support berubah menjadi resisitance karena berhasil di break out, dan setelah harga berhasil melakukan breakout biasanya akan kembali menguji level resistan baru tadi. Begitu juga sebaliknya saat terjadi pertukan Resistance became Support pada sebuah kejadian berak out pada trend naik.

Contoh gambar retest pada sebuah resistance.

Share this Post

Tinggalkan Balasan