ganifx/ Mei 30, 2017/ Fibonacci/ 0 comments

Advertisements

Jika sebelumnya kita sudah sedikit membahas cara penggunaan Fibonacci Retracement, maka sekarang kita akan sedikit mengenal jenis Fibonacci yang lain yaitu Fibonacci Expansion. Jenis Fibonacci Expansion ini berguna untuk menentukan target poin dari sebuah posisi setelah terjadinya koreksi. Pada pembahasan Fibonacci Retracement sudah dijelaskan bahwa fungsinya adalah untuk mengukur sejauh mana terjadinya koreksi berlangsung, setelah koreksi selesai
dan harga meneruskan trend awal , maka untuk mengkur sejauh mana harga akan bergerak inilah kita membutuhkan Fibonacci expansion. Pada dasarnya Fibonacci Exspansion terdiri dari 3 titik , dalam hal ini kita contohkan pada trend naik :
1. Titik pertama kita tempatkan di titik terendah trend naik .
2. Titik kedua kita tempatkan di ujung / titik tertinggi trend naik.
3. Titik ketiga kita tempatkan di ujung koreksi yang terjadi sewaktu trend naik terjadi.

Untuk trend turun maka dilakukan kebalikan dari yang disebutkan di atas. untuk lebih jelasnya kita perhatikan gamabar berikut ini.
Penempatan Fibonacci Expansion pada sebuah trend naik.

Penempatan Fibonacci Expansion pada sebuah trend turun.


Dari gambar di atas kita akan mendapatkan tiga posisi juga yaitu FE 61.8 %, FE 100 % dan FE 61.8 %. Fibonacci Expansion ini berfungsi atau dipakai apabila titik tertinggi ( untuk trend naik ) atau titik terendah( untuk trend turun ) pada penarikan suatu Fibonacci telah terbreak out atau ditembus oleh harga, atau harga setelahmelakukan koreksi kemudian searah dengan trend sebelumnya. FE 61.8 % adalah target pertama, 100% adalah target kedua dan 161.8 % adalah target ke tiga. Biasanya Fibonacci Expansion ini dipakai oleh trader swing.

Share this Post

Tinggalkan Balasan