ganifx/ Mei 30, 2017/ Fibonacci/ 0 comments

Advertisements

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Fibonacci Retracemet dan Fibonacci Expansion, maka sekarang kita akan membahas salah satu jenis Fibonacci lainnya yaitu Fibonacci Fan. Fibonacci Fan ini secara kasat mata dapat diartikan sebagai trendline yang dibuat berjajar berdasarkan level tertentu. Kalau dalam pembuatan trendline kita menarik ujung suatu titik ke titik tertentu maka dalam penggunaan Fibonacci Fan ini kita tinggal mencari titik tertinggi atau terendahnya lalu garis – garis akan muncul secara otomatis. Fibonacci Fan ini juga banyak digunakan para trader yang biasa menggunakan atau menganalisa pasar dengan menggunakan trendline, karena tool ini bisa sebagai gantinya.

Sama seperti Fibonacci Retracement , Fibonacci Fan ini juga mempunya level -level yang sama dan bisa dimodifikasi sesuai dengan selera. Kegunaan Fibonaci Fan ini juga berfungsi untuk mengukur koreksi dari sebuah trend berdasarkan level -level tadi, namun berbentuk garis miring. Dari garis -garis tadi kita bisa memperkirakan sejauh mana harga akan bergerak, garis tersebut juga dapat berfungsi sebagai support dan resistance tergantung trend yang sedang berlangsung.
Misalnya saja sedang trend turun , lalu kita menarik dari atas ke bawah, maka resistance pertama adalah level 23.6 %, apabila harga berhasil menembus area ini maka kemungkinan akan bergerak menuju level 38.2 % dan begitu seterusnya sampai padalevel 61.8 %. Sama halnya seperti Fibonacci Retracement, Fibonacci Fan ini juga sudah dikatakan tidak valid apabila harga sudah menembus level- level tadi, sehingga harga sudah bergerak diluar range garis yang kita munculkan.

Gambar di atas adalah contoh penggunaan Fibonacci Fan dalam market.

Share this Post

Tinggalkan Balasan