ganifx/ Oktober 30, 2017/ korelasi/ 0 comments

Di setiap negara dalam kawasan tertentu biasanya terdapat index saham penting yang merupakan acuan atau pedoman para investor baik dalam melakukan analisa maupun rencana likuidasi. Beberapa indeks harga saham penting dunia yang perlu diperhatikan sebagai indikator utama adalah:
1. The Dow Jones Industrial Average (DJIA, atau Dow Jones) – Amerika Serikat
Indeks Dow Jones merupakan indikator utama yang mewakili 30 perusahaan raksasa AS seperti AT&T, Pfizer, McDonalds dan lainnya. Indeks Dow Jones selalu menjadi acuan investor seluruh dunia dan merupakan indikator sentimen pasar yang penting. Indeks Dow juga sensitif terhadap perubahan iklim politik dan ekonomi global.
2. The Standard & Poor 500 (S&P 500) – Amerika Serikat
S&P 500 adalah indeks harga saham 500 perusahaan besar di AS. Setelah indeks Dow Jones, S&P adalah indeks saham yang banyak diperdagangkan di AS. Saat ini pamor S&P 500 cukup tinggi dan dijadikan acuan para fund manager dan beberapa institusi keuangan AS seperti dana pensiun dan lainnya.
3. National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ) – Amerika Serikat
Adalah indeks harga saham dari 3700 perusahaan di AS. Indeks saham penting di AS setelah Dow Jones dan S&P 500.
4. The Nikkei – Jepang
Adalah indeks harga saham rata-rata dari 225 perusahaan besar di Jepang seperti Toyota, Japan Airlines, Fuji film dan lainnya. Sebagai indikator utama, pamor Nikkei bisa dikatakan setara dengan Dow Jones.
5. Deutscher Aktien Index (DAX) – Jerman
Adalah indeks harga saham blue-chip dari 30 perusahaan utama di Jerman seperti BMW, Deutsche Bank, dan lainnya, yang diperdagangkan di Frankfurt Stock Exchange. Dengan eksistensi Jerman sebagai negara perekonomian terbesar di kawasan Euro, indeks saham DAX selalu menjadi perhatian investor.
6. The DJ Euro Stoxx 50 (Dow Jones Euro Stoxx 50) – Kawasan Euro
Adalah indeks harga saham dari 50 perusahaan besar di kawasan Euro dari berbagai sektor. Indeks saham yang mulai naik pamornya ini dibuat oleh Stoxx Limited, sebuah perusahaan afiliasi antara Deutsche Boerse AG, Dow Jones & Company dan SIX Swiss Exchange.
7. The FTSE (Footsie) – UK
Adalah indeks harga saham dari berbagai perusahaan utama di UK yang diperdagangkan di London Stock Exchange. Ada beberapa versi tergantung dari jumlah perusahaan yang diperhitungkan dalam indeks, misalnya FTSE 100 atau FTSE 250.
8. The Hang Seng (Hang Seng) – Hong Kong
Adalah indeks harga saham dari beberapa perusahaan besar di China dan Hong Kong. Indeks saham Hang Seng selalu menjadi acuan di pasar Asia setelah indeks saham Nikkei. Saat ini indeks saham Hang Seng dikelola oleh HSI Services Limited, anak perusahaan dari Hang Seng Bank.
Dengan mengetahui index saham tadi sebenarnya kita sudah bisa mengambil data fundamental dari negara yang bersangkutan, karena pada umumnya negara yang mempunyai index yang ternama , juga mempunyai mata uang yang umum atau menjadi mata uang yang sering ditradingkan di pasar forex.

Gambar contoh bursa saham Nasdaq

Share this Post

Tinggalkan Balasan