ganifx/ Juni 9, 2017/ Forex Dasar/ 0 comments

Advertisements

Dalam Dow Theory dikatakan bahwa terdapat tiga jenis trend yaitu :
1. Uptrend, atau trend naik dimana harga cenderung naik
2. Downtrend, atau trend turun di mana kecenderungan harga turun .
3. Side ways, kecenderungan harga tetap. sidewayas juga sering disebut dengan trendless tidak atau tidak memiliki trend.

Sering kali kita mendengar orang berkata ” Trend is your friends ” yang artinya trend adalah teman anda, atau dapat juga diartiikan jangan pernah melawan trend. Bila kita amati sebuah harga saham atau pergerakan suatu mata uang tentu tidak akan naik terus menerus, ataupun turun terus menerus, melainkan pergerakannya naik turun sehingga membentuk gerakan zig zag.
Dalam pergerakan zig zag tersebut, terdapat bebagai puncak ( top ) dan dasar ( bottom )yang dapat menentukan kecenderungan kemana arah market sebenarnya.
Kita dapat juga menentukan sebuah trend dengan melihat candlestick apa yang dominan, sebuah trend naik biasanya akan didominasi candlestick bullish, sedangkan pada trend turun akan didominasi candlestick yang bentuk dan sifatnya bearish.
Selain itu kita bisa menggunakan garis bantu untuk menentukan trend yang sedang terjadi, yang sering disebut dengan trendline. Secara mudah, sebuah trend naik tentu akan membuat titik tertinggi yang baru yang sering disebut dengan titik Higher High, sedangkan pada sebuahtrend turun ciri yang paling mudah kita temukan adalah terbentuknya titik terendah yang baru atau Lower Low. Sedangkan pada sebuah kondis sideways biasanya harga yang terjadi adalah landai. Dan biasanya bentuk candlesticknya juga mempunyai ukuran body yang kecil kecil dan dalam range yang sempit, area ini juga sering disebut area negosiasi.

Gambar sebuah trend naik.

Gambar sebuah trend turun.

Share this Post

Tinggalkan Balasan