ganifx/ Juni 21, 2017/ elliot wave/ 0 comments

Advertisements

Ralph Elliot mengidentifikasikan 12 pola yang pada akhirnya berkembang menjadi Elliot Wave yang sering kita pakai dan pelajari sekarang ini. Namun pada dasarnya Elliot Wave memiliki satu pola standart yang bisa dikatakan sebagi basic market patterns. Perhatikan gambar di bawah ini,
bentuk garis paling atas yang terdiri dari puncak 1 – 5 dan dilanjutkan dengan penurunan A sampai C merupakan bentuk dasar dari teory Elliot wave.

Gambar pembentukan wave menurut Elliot wave.

 
Menurut Elliot Wave kenaikan sebuah harga akan selalu berbentuk tiga gelombang naik dan kemudian dilanjutkan dengan dua gelombang turun. Begitu juga sebaliknya dalam keadaan trend turun, tiga gelombang turun akan diikuti dengan dua buah gelombang naik. ketentuan ini mengikuti aturan berikut ini :
1. Gelombang turun ( angka nomor 2 ) tidak boleh melewati permulaan gelombang pertama.


2. Gelombang ketiga tidak boleh menjadi gelombang terpendek di antara gelombang kenaikan yang ada ( 1, 3 , 5 )


3. Gelombang empat tidak boleh melewati gelombang nomor 1.

Uraian di atas adalah aturan dasar dari terbentuknya sebuah wave , dan apabila gelombang tersebut kita pecah – pecah lagi menjadi lebih kecil maka hasil pemecahannya akan tetap mengikuti pola gelombang besarnya. dan pola ini sering disebut dengan pola fraktal.

Dari teory dasar pembentukan wave atau gelombang tersebut, kita bisa mengindentifikasi wave berapa sekarang yang sedang berlangsung, trend apa yang sedang terjadi dan sedini mungkin mengantisipasi perubahan trend yang kemungkinan terjadi dengan menghitung jumlah wave sesuai dengan teory dasar Elliot Wave.

Share this Post

Tinggalkan Balasan