ganifx/ Juni 7, 2017/ Support and Resistance/ 0 comments

Advertisements

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa penentuan support dan resisitance tiap trader itu bisa berbeda – beda. Secara umum penggunaan support dan resistance adalah sebuah garis horisontal yang dihubungkan satu sama lain.
Untuk garis atas dinamakan resistance dan garis bawah dinamakan support. Kejadian di atas adalah kondisi umum, namun kalau dipersempit lagi supoort dan resisitance juga bisa diaplikasikan dalam sebuah candlestik yang sifatknya bullish atau bearish. Penentuan support dan resistance pada candlestick dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Untuk candlestick bullish :
1. Open / titik pembukaan bisa disebut dengan level support 1
2. Ekor bawah atau harga terendah bisa di sebut dengan level support ke 2
Untuk candlestick bearish :
1. Open / titik pembukaan bisa disebut dengan level resistance pertama
2. Titik tertinggi / ekor atas bisa disebut dengan level resistance ke 2.
Dalam sebuah trend naik, sering kali terjadi koreksi turun, nah pada pembahasan sebelumnya sudah kita berikan contoh penggunaan fibonacci untuk mengukur sejauh mana koreksi akan terjadi, level – level yang muncul dari penarikan fibonacci pada suah trend naik juga bisa dikatakan sebai level supportnya yang memungkinkan harga mantul atau berbalik arah.
Begitu juga sebaliknya, pada sebuah trend turun level – level fibonacci yang kita peroleh dari penarikan tadi bisa kita jadikan sebagai titik resistance yang memungkinkan harga berbalik turun.
Selain dua contoh di atas , penyebutan level support dan resistance juga bisa di terapkan atau dibantu dengan menggunakan indikator lainnya. Sehingga secara umum penentuan support dan resistance ini tidak ada istilah atau titik bakunya, tergantung dari sudut pandang dan acuan yang kita pakai.

Gambar support dan resistance pada sebuah candlestick.

Share this Post

Tinggalkan Balasan