ganifx/ Juni 12, 2017/ convergence divergence/ 0 comments

Advertisements

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kondisi Divergence dan Convergence secara lebih detail. Hal ini menjadi bahasan cukup penting karena kejadian ini sering kali muncul di market dan merupakan sinyal yang cukup akurat , terutama akan terjadinya perubahan trend baik pola naik menjadi turun ataupun sebaliknya pola turun menjadi naik. Secara sederhana kondisi Divergence ini adalah sebuah gejala, tanda -tanda akan terjadinya perubahan trend.
Sebagai contoh dalam kehidupan nyata mungkin kondisi ini seperti kita yang kurang enak badan, pusing yang merupakan tanda awal kita akan sakit. Seperti dalam market , kondisi yang sedang normal juga bisa berubah sebaliknya.
Sedikit mengulangi dalam menentukan kondisi convergence dan divergence ini kita akan menggunakan indikator sebagai alat bantu, indikator yang banyak atau sering digunakan adalah MACD ( Moving Average Convergence Divergence ), atau Stochastic. Ke depannya kita akan membuat contoh pada kondisi divergence dengan menggunakan indikator tadi. Secara umum Divergence pada sebuah trend naik adalah, Harga membuat Higher High sebelumnya, atau titik puncak baru kemudian selang beberapa waktu terjadi koreksi dan naik lagi membuat Higher High baru lagi atau titik puncak tertinggi yang baru, dan apabila kita hubungkan dengan garis akan membuat sudut keatas namun kalau kita lihat indikator MACD maka dapat kita lihat bahwa di indikator MACD juga membuat dua titik puncak namun kalau kita hubungkan maka arahnya
justru ke bawah. Inilah yang disebut Divergence dan biasanya harga akan mengikuti arah MACD.
Bagitu juga Divergence pada sebuah trend turun, mula – mula harga membuat lower low, setelah sempat koreksi akhirnya membuat lower low baru lagi, dan kalau dua titik ini kita hubungkan akan membuat garis dengan sudut ke bawah, namaun kalau kita lihat pada indikator MACD maka juga ada dua lembah namun saat digaris maka arahnya justru ke atas, dan biasanya harga akan mengikuti arah MACD yaitu naik ke atas.

Gambar contoh kejadian convergence di market

Share this Post

Tinggalkan Balasan