ganifx/ Juni 7, 2017/ Support and Resistance/ 0 comments

Advertisements

Dalam dunia trading forex kita sering mendengar istilah support dan resistance, namun kadang kala tiap trader mempunyai acuan yang berbeda – beda mengenai titik titik support dan resistance tersebut. Secara umum pengertian support dan resistance adalah sebagai berikut :
Definisi Support adalah area atau level dimana terdapat kecenderungan harga kembali naik, karena kecenderungan dari para pembeli yang lebih banyak daripada penjual. Demand lebih banyak dari Supply. Support juga bisa disebut level dimana level tersebut bisa menghambat harga akan turun lebih rendah karena harga sudah jenuh jual. Garis Support dibentuk dengan cara menarik garis horizontal dari titik terendah yang sudah terjadi.

Definisi Resistance adalah area atau level dimana terdapat kecenderungan harga kembali turun, karena kecenderungan dari para penjual yang lebih banyak daripada pembeli ,Supply lebih banyak dari Demand. Resistance juga level dimana level tersebut bisa dipastikan menghambat harga akan naik lebih tinggi lagi karena harga sudah mencapai jenuh beli. Garis Resistance dibentuk dengan cara menarik garis horizontal dari titik tertinggi pada puncak yang sudah terjadi.

Support dan Resistance sangatlah penting terutama untuk menentukan titik take profit dan stop loss. Support dan Resistance bisa dibilang sebagai level-level yang kritis yang merupakan level prikologis para pelaku pasar dalam mengambil keputusan untuk membeli ataupun menjual mata uang. Perlu kita ketahui, garis support dan resistance itu bukanlah garis yang ampuh atau garis ajaib yang bisa menyebabkan harga pasti akan naik jika sudah menyentuh Support, atau harga pasti akan turun jika menyentuh Resistance. Namun, Garis Support dan Resistance
itu adalah zona dimana cerminan psikologis para pelaku itu sendiri. Dalam menentukan level support dan resistance itu sendiri banyak trader yang mempunyai acuan berbeda, secara umum banyak yang menggunakan bantuan garis horizontal, namun banyak juga yang menggunakan
harga tertinggi dan terendah dari sebuah candlestick ataupun level fibonacci tergantung kondisi market.

Gambar contoh support dan resistance di market.

Share this Post

Tinggalkan Balasan