ganifx/ Juni 10, 2017/ Forex Dasar/ 0 comments

Advertisements

Terkadang pergerakan harga pada sebuah trend bisa bergerak rapi dalam batas koridor tertentu yang disebut dengan channeling, yang bila digambarkan akan membentuk dua buah garis paralel seperti sebuah saluran atau terowongan. Garis channel dapat digunakan untuk panduan mengambil keuntungan jangka pendek, misalnya seorang trader yang mempunyai open posisi di salah satu mata uang atau saham yang sedang uptrend channeling. Dia akan menjual atau menutup keuntungannya bila harga telah menyentuh posisi garis atas cahnnel, khususnya
apabila pergerakan harga sangat volatile sehingga membentuk jarak yang lebar antar trend line dan channel lain. Bahkan kadang kala trader yang agresif akan berani mengambil open posisi baik jual maupun beli selama harga masih berada dalam range channel. Hal ini tentu saja sangat beresiko karena bisa jadi dalam mengambil posisi kita melawan trend, sehingga dalam kasus ini tidak dianjurkan apalagi apabila range dalam channel sangat sempit. Namun bagi yang sudah expert dan dengan perhitungan money management yang baik hal ini bisa saja dilakukan asalkan range dalam channel sangat lebar dan memungkinkan ratio profit dan resiko yang
sehat.

Secara visual channel line ini terdiri dari dua garis yang sejajar satu sama lain, untuk penarikannya juga hampir sama dengan trend line. Pada sebuah trend naik makan garis channel akan miring ke atas , dimana garis bawah merupakan titik support dan garis atasnya merupakan resistancenya.
Begitu juga sebaliknya untuk trend turun, garis channel ini miring membentuk sudut ke bawah dimana garis atas adalah resistance dan garis bawah adalah supportnya.
Dari pengertian sederhana ini banyak strategi yang bisa di buat, misalkan pada sebuah channel naik, kita akan buy saat harga menyentuh garis bawah atau support dengan target profit di garis atas channel, atau sell di garis atas dengan target profit di garis bawah atau di titik supportnya. Yang perlu diperhatikan dengan cara open posisi seperti ini range dalam channel harus cukup lebar.

Contoh gambar garis channel pada trend turun.

Share this Post

Tinggalkan Balasan