ganifx/ Mei 31, 2017/ Fibonacci/ 0 comments

Kita sudah membahas Fibonacci Retracement, Fibonacci Expansion , Fibonacci Fan , maka sekarang kita akan membahas salah satu jenis Finonacci yang lain yaitu Fibonacci Arc. Secara kasat mata, penampakan Fibonacci Arc ini seperti setengah lingkaran yang tersusun berdasarkan level – level fibonaccinya. Pada dasarnya level standart dalam Fibonacci Arc ini ada tiga level yaitu level 38.2 % , 50 % , dan 61.8 %. Walaupun dalam prakteknya kita bisa memodifikasi atau menambah level -level tersebut seperti yang sudah dijelaskan pada materi sebelumnya.

Penggunaan Fibonacci Arc ini hampir sama dengan Fibonacci Retracement atau Fibonacci Fan yaitu untuk mengukur sejauh mana terjadinya koreksi pada sebuah trend yang terjadi. Cara penarikannya adalah untuk sebuah trend naik, cara menariknya dari ujung bawah / titik terendah menuju titik teratas atau tertinggi. Untuk sebuah trend turun cara menariknya adalah dari ujung atas / titik tertinggi menuju ujung terbawah / titik terendah.
Setelah kita melakukan penarikan kita akan mendapatkan lengkungan setengah lingkaran, yang menunjukkan batasan atau perkiraan terjadinya koreksi. Di bawah ini adalah contoh penarikan sebuah trend turun pada mata uang AUD USD TF H1. Dari gambar dapat dilihat bahwa trend yang terjadi di AUD USD TF H1 adalah turun, sehingga kita menarik dari atas ke bawah. Setelah itu kita melihat reaksi harga yang sempat naik atau terkoreksi menuju level 50 % fibonacci kemudian harga bergerak turun. Salah satu syarat penarikan dengan Fibonacci Arc ini adalah apabila salah satu level tertinggi atau terendah sudah ditembus atau harga mampu melewati level tersebut maka penarikan Fibonacci Arc ini sudah tidak berlaku lagi.

Share this Post

Tinggalkan Balasan