ganifx/ Juni 1, 2017/ indikator/ 0 comments

Advertisements

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu indikator tua yang masuk dalam karegori trend. Salah satu indikator yang paling sering digunakan dalam menentukan trend adalah alligator. Pada dasarnya indikator Alligator ini terdiri dari 3 buah moving average yang digabungkan menjadi satu dalam satu chart. Indikator Alligator sendiri termasuk dalam indikator untuk template Bill Williams, salah satu trader top dunia yang karena sistemnya yang melegenda tersebut maka dibuatlah template sesuai namanya yaitu Williams yang dapat kita jumpai di MT4.

Alligator sendiri dalam bahasa sederhana dapat diartikan sebagai pemangsa, dalam hal ini Wlliams mengambil filosofi dari perilaku alligator buas yaitu buaya. Bila kita perhatikan sekilas apabila ketiga moving average itu menyatu dapat dianalogikan seperti mulut mulut buaya yang tertutup . Dalam keadaan ini dapat diartikan dia sedang menunggu, atau buaya dalam kondisi lapar dan sedang menunggu mangsanya. Kalau dalam market mungkin situasi ini diartikan sebagai kondisi sideways atau pergerakan yang sempit. Di mana terjadi negoisasi antara
penjual dan pembeli .
Biasanya setelah harga side ways ini akan terjadi sebuah trend, dan ini ditandai dengan munculnya candlestick yang keluar dari area negosiasi ini. Dalam posisi ini biasanya ditandai dengan membukanya posisi ketiga moving average atau trend sedang berlangsung.
Atau dalam kejadian ini dapat dianalogikan mulut buaya sedang terbuka atau memakan mangsanya.

Penggunaan indikator alligator ini cocok untuk trader swing atau trader yang dalam mengambil keputusan buy atau sell kemudian menutup posisinya dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan indikator ini dapat menentukan kapan market sedang sideways atau market sedang trend dengan
memperhatikan posisi 3 moving average. Sebagai indikator trend tentu saja harus membutuhkan indikator tambahan lagi agar semakin valid. Dalam penggunaannya indikator ini dipadukan dengan fractals , accelerator dan awesome oscillator.

Gambar penampakan indikator Alligator di metatrader.

Share this Post

Tinggalkan Balasan