ganifx/ Juni 1, 2017/ indikator/ 0 comments

Advertisements

Salah satu indikator yang masuk dalam pendukung teknik Williams adalah Fractals. Pada dasarnya indikator Fractals ini berfungsi untuk menentukan support dan resistance pada satu periode tertentu. Jadi misalkan kita kesulitan menentukan suport dan resistance dari sebuah kondisi market maka indikator Fractals ini sangat membantu kita dalam menentukan titik tersebut.

Secara kasat mata penampakan indikator Fractals ini seperti segitiga kecil yang berada di atas atau di bawah sebuah candlestick. Secara prinsip cara kerja indikator ini adalah apabila setelah satu candlestick membuat high low kemudian muncul 3 / 4 candlestick yang tidak mampu membuat high dan low baru maka biasanya akan muncul fractals pada candlestick tersebut.
Hal ini dapat diartikan bahwa kemunculan fractals tadi menunjukkan titik tertinggi dari candlestick sebagai resistance dan titik terendah dari candlestick tadi sebagai support. Hal ini akan mempermudah trader dalam menentukan titik tertinggi maupun titik terendah dari market. Indakator Fractals ini dalam metode Williams berfungsi untuk menempatkan pending order buy stop atau sell stop yang dibarengi dengan alligator yang mulutnya menutup atau 3 Moving average posisinya menyatu, dalam kondisi ini falctal akan muncul dan kita bisa menempatkan pending order buy stop atau sell stop dengan stop loss di ujung fractal lainnya.
Indikator Fractal ini sebaiknya digunakan untuk time ftame minimal H4 karena jika digunakan pada time frame kecil justru akan mengakibatkan kebingungan karena banyaknya fractal yang muncul. Sebagai filternya indikator Fractals ini juga memerlukan indikator lain sebagai pelengkap
dan biasanya indikator ini cocok bila digabungkan dengan indikator Alligator.

Gambar penampakan indikator fractals di metatrader.

Share this Post

Tinggalkan Balasan