ganifx/ Juni 14, 2017/ chart patterns/ 0 comments

Advertisements

Pola Head and Shoulders merupakan salah satu pola reversal patterns yang sangat populer di kalangan trader. Karena pola Head and Shoulders merupakan induk berbagai pola lainnya di dalam chart patterns, maka topik ini akan kita bahas satu demi satu secara lebih detail. Head and Shoulder banyak dikatakan para pakar teknikal analisis sebagai pola terkuat dan mempunyai akurasi yang sangat tinggi. Pernyataan senada juga diakui oleh Thomas N. Bulkowski yang secara khusus menganalisa chart patterns secara spesifik terhadap 500 saham selama periode 1991 – 1996. Dan di dalam bukunya menampilkan statistik yang cukup meyakinkan. Dikatakan dalam kurun waktu tersebut ditemukan 431 pola Head and Shoulders dan hanya 25 di antaranya yang merupakan sinyal konsolidasi dan 406 lainnya merupakan sinyal reversal. tingkat kegagalan pada pola Head and Shoulders ini disebutkan hanya 7 % . Dengan melihat statistik di atas dapat disimpulkan bahwa pola Head and Shoulders ini sangat akurat sekali.Secara sederhana terbentuknya pola Head and Shoulder dapat dilihat dari ilustrasi di bawah ini.

Dasar – dasar ( A ,C ) dan puncak ( B , D ) terlihat semakin lama semakin tinggi ( Higher High dan Higher Low ). Sampai saat ini uptrend masih dalam kondisi normal. namun lama – lama muncul tanda dimana uptrend mulai kehilangan momentum karena puncak terakhir ( F )
tidak mampu membuat higher high baru seperti titik D sebelumnya. Puncak B di sebut sebagai puncah left shoulders ( bahu kiri ) dan puncak D yang lebih tinggi dianggap sebagai kepala atau Head , sedangkan puncak F disebut sebagai right shoulders ( bahu kanan ). Garis yang menghubungkan garis C ke titik E disebut garis Neckline atau garis leher.

Share this Post

Tinggalkan Balasan