ganifx/ Juni 14, 2017/ chart patterns/ 0 comments

Advertisements

Setelah sebelumnya kita membahas pola reversal Head and Shoulders pada sebuah trend naik, maka sekarang kita akan membahas pola reversal lainnya yaitu Inverted Head and Shoulders.
Kalau pola Head and Shoulders merupakan pola pembalikan dari trend naik menjadi trend turun maka pola Inverted Head and Shoulders adalah pola pembalikan atau reversal dari trend turun menjadi trend naik. Sehingga pola Inverted Head and Shoulders ini berada pada sebuah trend turun. Pada gambar di bawah ini menunjukkan proses awal terjadinya pembentukan formasi Inverted Head and Shoulders dari sebuah trend turun yang mengawalinya. Puncak – puncak ( A dan C ) serta lembah – lembah ( B dan D ) semakin lama semakin rendah menunjukkan trend turun yang semakin lama kehilangan momentum yang ditandai dengan lembah F yang tidak mampu membuat low baru seperti pada titik D sebelumnya. Lembah B disebut left shoulders
( bahu kiri ) dan lembah D yang merupakan titik terendah dari ketiganya disebut dengan Head atau kepala. sedangkan lembah F disebut dengan right shoulders atau bahu kanan. Ketika bulls mulai mendominasi harga akan semakin tredorong ke atas sampai ke garis leher atau neckline. Bila harga ditutup diatas garis neckline tersebut maka dapat dikatakan bahwa sinyal reversal telah valid atau terkonfirmasi. Selanjutnya setelah kejadian ini bisa kita lakukan pengukuran target dengan memproyeksikan jarak vertikal anata D dengan neckline ke titik break out.

Gambar ilustrasi pola Inverted Head and Shoulders

Share this Post

Tinggalkan Balasan