ganifx/ Mei 27, 2017/ candlestick/ 0 comments

Advertisements

Setelah sebelumnya kita membahas pola pembalikan trend dengan satu pola candlestick maka sekarang, kita akan membahas pola pembalikan dari trend turun menjadi trend naik dengan formasi dua candlestick. Salah satu pola reversal yang paling sering muncul adalah Bullish Engulfing. Secara visual pola candlestick Bullish Engulfing ini terdiri dari dua buah candlestick. Candlestick pertama bersifat bearish dan candlestick kedua bersifat bullish. Salah satu ciri khas yang harus terpenuhi dari pola ini adalah candlestick kedua ( Bullish ) bodynya menutupi seluruh permukanan body candlestick pertama ( Bearish ). atau dengan kata lain harga open dan close candle kedua ( Bullish ) menutupi seluruh body candle pertama.

Secara psikologis, makna dari pola candlestick ini adalah terjadinya sebuah trend turun yang lama, hal ini dapat dilihat dari banyaknya candlestick dengan sifat Bearish yang banyak mendominasi selama beberapa periode tertentu.Pada sesi penutupan hari kemarin masih terlihat penjual / seller mendominasi dengan penampakan candlestick yang warnanya merah / bearish, kemudian hari berikutnya pada sesi pembukaan pasar terjadi sedikit gap turun, atau pada sesi pembukaan pasar harga dibuka di bawah penutupan kemarin, namun sepanjang perdagangan hari tersebut buyer justru mendominasi pasar dengan membuat harga bergerak atau terdorong ke atas sehingga mampu melewati harga pembukaan bahkan pada akhir sesi penutupan pasar mampu ditutup di atas harga pembukaan pasar hari sebelumnya.

Secara teknikal hal ini bisa diartikan bahwa posisi seller sudah melemah dan para buyer merasa bahwa harga selama ini sudah terlalu murah sehingga mereka melakukan aksi beli. Kalau kita menemui keadaan seperti ini maka sebaiknya kita melikuidasi semua posisi jual kita dan bersiap-siap melakukan posisi beli. Namun untuk mengkonfirmasi trend benar – benar telah berubah sebaiknya kita menunggu satu candlestick lagi yang sifatnya bullish, sehingga pembalikan arah trend benar – benar terkonfirmasi.

Share this Post

Tinggalkan Balasan