ganifx/ Mei 27, 2017/ candlestick/ 0 comments

Advertisements

Pada materi sebelumnya sudah kita membahas mengenai pola pembalikan trend dengan Hammer dan Hanging man, maka sekarang kita akan membahas pola pembalikan trend naik menjadi turun yaitu Shooting star. Shooting star ini masih masuk dalam kelompok candle Pin Bar atau candle dengan ekor yang panjang.
Pola shooting star terbentuk dengan formasi nilai harga penutupanya berada di bawah nilai harga
pembukaannya atau jauh di bawah dari harga tertingginya yang membentuk ekor.
Biasanya terdapat ekor yang panjang di atas body dari candlenya dan ukuran panjang
ekornya rata-rata 2 kali lebih panjang dari body candle.
Secara psikologis makna dari candlestik ini adalah, apada awal pumbukaan market para buyer berhasil membawa harga naik sampai titik tinggi tertentu, namun pada saat tertentu seller merasa harga ini tidak disetujui sehingga para seller melakukaan aksi jual yang mengakibatkan harga bergerak turun mendekati pembukaan market. Pola shooting star biasanya terbentuk di ujung pergerakan uptrend yang sedang terjadi.
Pola ini mencerminkan semakin berkurangnya kekuatan dari trader pembeli yang hendak membuat harga pasar menjadi semakin tinggi, sementara para trader penjual berbalik menekan nilai harga ke bawah hingga akhirnya nilai harganya di tutup di bawah dari nilai harga pembukaannya atau jauh di bawah nilai harga tertingginya.Pola ini memeberikan sinyal pembalikan arah trend yang kuat (reversal).
Biasanya pola candlestick semacam ini letaknya berada di ujung trend dan sangat menonjol sekali penampakannya karena ekornya sangat mencolok, kalau mejumpai pola semacam ini bisa juga di artikan kalau kita mempunyai posisi beli sebelumnya maka segera lakukan likuidasi terhadap semua posisi beli kita dan bersiap-siap melakukan posisi jual. Untuk trader yang bersifat konservatif biasanya menunggu satu candle konfirmasi yang bersifat turun
atau bearish sehingga trend pembalikan dari trend naik menjadi turun benar- benar terkonfirmasi.

Share this Post

Tinggalkan Balasan