ganifx/ Mei 28, 2017/ candlestick/ 0 comments

Advertisements

Jika sebelumnya kita sudah mempelajari pola -pola reversal baik dengan formasi satu candlestick
maupun dua candlestick, maka sekarang kita akan mempelajari pola reversal lainnya dengan formasi tiga candlestick. Salah satu pola reversal yang sering muncul di market adalah Evening Star.
Pola ini dapat diartkian bahwa apabila muncul Evening Star maka kemungkinan akan terjadi perubahan trend dari trend naik, menjadi trend turun. Pola candlestick ini terdiri dari tiga buah candlestick, Candle pertama bersifat bullish, candle kedua Doji dan candle ke tiga bersifat bearish. Letak pola ini biasanya berada diujung trend naik.
Secara psikologis pola ini dapat diartikan bahwa, selama perioda yang cukup lama telah terjadi sebuah trend naik di mana dapat dilihat dari banyaknya candlestik yang bersifat bullish.
Hal ini dapat dilihat dengan adanya candlestick yang masih bisa membuat harga bergerak naik dari sesi pembukaan pasar , atau artinya dalam hari tersebut pasar ditutup dalam posisi menguat. Namun hari berikutnya terjadi kekuatan yang seimbang dari buyer dan seller , dimana dapat dilihat dari body candlestick yang mengecil, dan ujung ekor baik di atas dan di bawah body candlestick sama, atau istilah ini sering disebut dengan Doji. Setelah terjadinya Doji ini, hari berikutnya justru seller yang memegang kendali, di mana hal ini dapat dilihat dengan banyaknnya tekanan jual yang menyebabkan harga terdorong ke bawah dan mampu ditutup di bawah sesi pembukaan pasar.
Apabila kita menemui pola semacam ini, sebaiknya apabila sebelumnya masih mempunyai posisi beli,sebaiknya segera lakukan likuidasi terhadap posisi tersebut dan bersiap – siap melakukan open posisi jual.

Share this Post

Tinggalkan Balasan