ganifx/ Mei 28, 2017/ candlestick/ 0 comments

Advertisements

Pada bagian sebelumnya kita sudah membahas pola pembalikan arah trend / reversal yaitu Tweezer Tops, sekarang kita membahas pola reversal lainnya yaitu Tweezer Bottoms, Walaupun pola ini jarang muncul namun ketika pola ini terjadi memang hampir selalu berdampak signifikan.
Pola Tweezer Bottoms ini dapat diartikan bahwa telah terjadi perubahan trend, dari sebelumnya trend turun menjadi trend naik. Dengan kata lain pola ini harus berada di bawah atau di dasar sebuah trend turun. Secara visual pola ini terdiri dari sebuah candlestik bearish dan bullish namun mempunyai body yang kecil dengan ekor yang berada di bawah body candle.
Atau dapat juga dikatakan bahwa formasi ini mirip dengan hammer namun terdiri dari dua buah candlestick, walaupun ekornya mungkin tidak sepanjang pola hammer.
Secara psikologis hal ini dapat dijelaskan bahwa setelah harga mampu bergerak turun, selama periode waktu tertentu, pada dua hari pembukaan pasar sudah terdapat adanya pelemahan dari seller, hal ini dapat dilihat dari bentuk body candle yang mengecil dibandingkan dengan periode sebelumnya. Dan hal ini diperkuat dengan adanya ekor yang berada di bawah yang menunjukkan bahwa sudah ada buyer yang masuk dan memberikan perlawanan agar harga tidak bergerak semakin rendah atau turun. Hal ini berlangsung selama 2 hari berturut -turut. Dan apabila setelah ada dua candlestick ini dikonfirmasi dengan adanya candlestick yang bersifat bearish, maka pola Tweezer Bottoms ini sudah dipastikan valid dan pembalikan trend sudah terkonfirmasi. Apabila pola ini muncul dan kita masih mempunyai posisi jual sebaiknya segera lakukan likuidasi terhadap posisi kita dengan dan bersiap- siap melakukan open posisi beli atau buy.

Share this Post

Tinggalkan Balasan