ganifx/ Mei 27, 2017/ candlestick/ 0 comments

Advertisements

Pada bagian sebelumnya kita sudah membahas pengertian Doji, kali ini kita akan membahas lebih detail tentang candlestick yang masuk dalam kategori Doji. Salah satu candlestick yang masuk kategori Doji adalah Spinning tops. Adapaun devinisi dari candlestick Spinning tops ini adalah candlestick dengan ekor atas dan bawah yang panjang serta mempunyai body yang sangat kecil.
Satu ekor yang panjang dapat mewakili pembalikan arah suatu trend. Spinning tops mewakili suatu aktivitas pengambilan keputusan dari market.
Real body yang kecil menunjukkan pergerakan yang kecil juga selama awal pembukaan sesi perdagangan sampai penutupan pasar, ekor yang terbentuk dan body yang kecil menunjukkan bahwa penjual dan pembeli sedang aktif bertarung selama sesi perdagangan berlangsung.

Apabila terdapat pola spinning tops yang banyak dan berlangsung lama dapat pula diartikan bahwa para pelaku pasar sedang kebingungan karena pada sesi ini tidak ada yang mendominasi baik penjual atau pembeli ,pada kondisi semacam ini sebaiknya kita menunggu sampai jelas arah dari market, ataupun kalau terpaksa melakukan transaksi sebaiknya likuidasi dalam jangka pendek sampai jelas pasar mau kemana.

Area ini juga sering disebut dengan area konsolidasi atau area negosiasi, apabila sudah terjadi kesepakatan harga biasanya baru jelas arah trendnya, hal ini dapat dilihat dari candlestick yang biasanya mempunyai body yang panjang yang bergerak menjauhi area konsolidasi tadi. Setelah muncul candlestick konfirmasi ini barulah kita masuk mengikuti trend yang berlaku sekarang. Dengan kata lain apabila kita menjumpai candlestick semacam ini tugas kita adalah menunggu satu konfirmasi lagi baik berupa candlestick bullish atau bearish baru kita masuk / ambil posisi mengikuti sifat candlestick konfirmasi tadi.

Share this Post

Tinggalkan Balasan