ganifx/ Juni 8, 2017/ Strategy/ 0 comments

Advertisements

Pada bagian terdahulu kita sudah membahas tentang Fibonacci dan support resistance , pengertian dan aplikasinya dalam beberapa kondisi. Sekarang kita akan menggabungkan keduanya untuk kita jadikan strategi transaksi kita di forex. Sedikit mengulangi, bahwa Fibonacci Retracement berfungsi mengukur seberapa jauh terjadinya koreksi pada sebuah trend yang sedang terjadi. Sedangkan support resistance adalah batasan atau hambatan yang menolak harga agar tidak semakin naik atau semakin turun.
Untuk sebuah trend naik berarti kita akan menggabungkan fibonacci dengan support untuk open posisi buy dan kita akan menggabungkan fibonacii dengan resistance untuk sebuah trend turun.
Strategi fibonacci dengan support pada sebuah trend naik dapat kita buat rencana trading sebagai berikut :
1. Kita hanya akan open posisi apabila ada support yang kuat antara level 50 % – 61.8 % fibonacci, karena harga biasanya mantul di area tersebut.
2. Target profit kita tempatkan di level Fibonacci 0 % atau resistance terdekat.
3. Batas kerugian kita tempatkan di ujung Fibonacci 100 % atau de support terdekat.

Sebagai contoh pengabungan Fibonacci dengan support untuk open buy, dapat kita lihat pada pair GBP USD di bawah ini :
1. Pada wave A dapat dilihat bahwa trend minor adalah naik, setelah sebelumnya mampu membreak out resistance ( 1 dan 2 )
2.Setelah sesaat harga berhasil membuat high baru kemudian harga bergerak turun.
3. Kita tarik Fibonacci dari bawah ke atas.
4. Kita bisa menempatkan pending order buy limit di support ( 1 ), yang kebetulan letaknya di antara fibonacci 50 5 dan 61.8 %.
5. Batas kerugian maksimal bisa kita tempatkan di lebel 100 % fibonacci dan target profit bisa ditempatkan di level 0 % fibonacci atau resistance terdekat.


Untuk contoh kasus open posisi ini kebetulan support yang terlihat berada di antara level 50 % – 61.8 % fibonacci, jadi levelnya berada sedikit di atas level fibo 61.8 %, bisa jadi inilah alasan kenapa misalnya kita menempatkan pending order di level 61.8 % fibonacci tidak tersentuh,
dan harga sudah berbalik arah karena di atas level tersebut ada area support yang kuat, yang membuat harga mantul duluan sebelum menyentuh level 61.8 % fibonacci

Share this Post

Tinggalkan Balasan