ganifx/ Juni 21, 2017/ elliot wave/ 0 comments

Advertisements

Aspek – aspek terpenting dalam Elliot Wave theory adalah : pola ( patterns ), ratio, dan waktu ( time ). Pola atau patterns dikatakan sebagai aspek terpenting karena menggambarkan formasi dari pergerakan harga yang terjadi di pasar. Pola ini secara lengkap akan dibahas pada chart patterns yang khusus membahas pola yang sering muncul di market dan maksudnya. Dengan mengenali pola kita akan bisa dengan cepat menentukan trend apa yang sedang terjadi, cara mengantisipasi dan kemungkinan yang akan terjadi setelah terbentuknya pola – pola tadi. Sedangkan ratio dan waktu hanya merupakan pemdukung untuk menganalisa retracement point dan objektivitas harga. Teory yang juga meneliti pengaruh psikologis manusia di dalam pergerakan baik saham maupun mata uang adalah dengan memperhatikan pergerakan harga dan volume yang sebagai dasar studi chart patterns .
Elliot mengemukakan bahawa pergerakan harga di pasar terbentang dalam ritme utama yaitu 5 ayunan atau wave pada arah trend yang sedang berlangsung, dan 3 wave pada arah yang berlawanan. Lima wave pertama disebut dengan siklus impulse wave dan tiga wave berikutnya disebut siklus corrective waves. Analaisa ini diciptakan oleh Ralph Nelson Elliot, seorang akuntan yang dalam bukunya The Wave Principle berpendapat bahwa pada dasarnya pergerakan harga
diakibatkan oleh siklus jual beli yang dilakukan oleh manusia. Oleh karena manusia mempunyai kebiasaan melakukan rutinitas ( pola ) maka pada dasarnya market juga akan mempunyai pola. Dengan demikian pastilah market mempunyai pola – pola tertentu, sehingga dapat mengantisipasi pergerakan harga berikutmya.

Gambar ilustrasi dasar teory Elliot Wave.

Share this Post

Tinggalkan Balasan